Jumat, 11 Januari 2013

KERAJAAN HINDU - BUDHA PERTAMA DI INDONESIA

Kerajaan yang pertama di Indonesia adalah Kerajaan Kutai
Letak Kerajaan Kutai adalah di Kalimantan Timur daerahMuara Kaman di tepi sungai Mahakam. Kutai merupakankerajaan pertama di Indonesia. Kerajaan Kutai terletak diKalimantan Timur daerah Muara Kaman di tepi sungai Mahakam. Peninggalan dari Kutai adalah 7 (tujuh) prasasti yangditulis dengan huruf Pallawa, dengan bahasa Sanskerta.Semua prasastinya tertulis pada Yupa, yaitu tugudari batu yang berfungsi sebagai tiang untuk menambatkanhewan yang akan dikorbankan. Dalam Yupa Kutai itu dapatkita ketahui tantang:
a. Berisi silsilah : Kundungga berputera Acwawarman yangseperti dewa matahari. Acwawarman berputera tiga – seperti api tiga. Dari ketiga putra tersebut, Mulawarman raja yang baik, kuat dan kuasa. Sang Mulawarman telah mengadakankenduri (selamatan), mengadakan korban, maka didirikanlah
tugu oleh para Brahmana.
b. Tempat sedekah : Sang Mulawarman, raja yang muliadan terkemuka telah memberi sedekah 20.000 ekor lembukepada para Brahmana di tempat tanah yang sangat suci“Waprakecvara”.
c. Macam-macam sedekah yang lain seperti : wijen, malai bunga,lampu dan lain-lain.
Dari berita prasasti-prasasti tersebut dapat diketahuibagaimanakah keadaan sosial, ekonomi dan pemerintahandi Kutai.
a.    Raja Mulawarman disebut sebagai raja yang terbesar di Kutai,sebab menaklukkan raja-raja sekitarnya.
b.    Segi sosial, masyarakat mengenal kasta-kasta karena pengaruhIndia. Keluarga Kundungga pernah melakukan upacaraVratyastoma, yaitu upacara penyucian diri untuk masukpada kasta Ksatria.
c.    Segi ekonomi : disebutkan raja menghadiahkan 20.000 ekorlembu, berarti peternakan maju, begitupun dalam bidangpertanian, karena Kutai terletak di tepi sungai. Dengandemikian Kutai merupakan kerajaan yang makmur.
 Namun perlu dicatat bahwa Kutai ini luput dari perhatian Cina.

1 komentar:

  1. makasih ya atas postingnya. sangat bermanfaat bagi pembaca.

    BalasHapus